Teknik Pointilis : Pengertian, Sejarah Singkat, Alat, Gambar

Sudah menjadi hal yang sangat umum tentang fakta aktivitas menggambar. Mayoritas individu kerap kali menjadikan sebuah gambar sebagai media untuk menuangkan emosinya. Maka, tidak heran apabila terdapat beragam metode guna mempercantik hasilnya. Salah satu contohnya adalah teknik pointilis ini.

Apa yang Dimaksud dengan Teknik Pointilis?

Sebelum melangkah ke pembahasan yang lebih jauh lagi. Sekarang, Anda akan diberikan penjelasan tentang pengertian dari metode pointilis. Secara umum, hal ini merupakan salah satu bentuk teknik menggambar. Dimana, seorang seniman menyatukan susunan titik guna membuat sebuah karakter.

Dengan kata lain, dalam teknik ini lebih memfokuskan pada penggunaan titik supaya bisa membentuk sebuah objek. Selain itu, metode pointilis juga menganjurkan untuk membuat susunan dot tersebut lebih rapat. Karena kerapatan yang disusun akan mampu memberikan kesan gelap terang.

Sedangkan, untuk memperoleh hasil yang bisa memberikan kesan halus. Anda bisa menyusun titik-titik tersebut serapi mungkin, sehingga warnanya dapat dipadukan bersama tampilan objek dengan baik. Disisi lain, bentuk finalnya akan terlihat berbeda ketika dilihat dari jarak jauh maupun dekat.

teknik gambar pointilis
teknik gambar pointilis

Berikut Ini Sejarah Singkat dari Metode Pointilis

Setelah memperoleh pengetahuan terkait definisi topik utama pembahasan. Kali ini, akan beralih ke sejarah singkat metode pointilis. Mulanya, teknik tersebut bergerak dalam dunia seni lukis yang berasa dari benua Australia. Bahkan, sempat diterapkan oleh salah satu suku disana.

Suku itu dikenal dengan nama Aborigin. Katanya, penduduk asli disana mempunyai kebiasaan melukis menggunakan titik yang kemudian diturunkan kepada keturunannya. Akan tetapi, faktanya ialah teknik tersebut baru dipublikasikan oleh seorang guru seni pada tahun 1971.

Disisi lain, metode ini dikenalkan oleh Georges Seurat serta rekannya Paul Signac pada 1886. Dimana lebih mengarah ke aliran impresionisme. Sebab, di masa lampau orang-orang tersebut sudah menerapkan dab atau olesan kecil yang menyerupai titik dalam membentuk sebuah objek.

Apa Saja Alat-Alat yang Dibutuhkan dalam Metode Pointilis?

Beranjak dari sejarah singkat teknik ini. Sekarang, Anda akan diajak untuk membahas mengenai beberapa alat dan bahan yang diperlukan sebelum mulai membuat sebuah gambar. Pada dasarnya, dalam menerapkan metode pointilis. Seorang seniman perlu menggunakan kuas dengan tingkat kelenturannya sedikit keras.

Bahan yang cukup bagus untuk kuas tersebut adalah sintetis atau bluu hog. Terlebih lagi, materialnya mampu menahan minyak secara optimal. Jika tidak, hal tersebut akan menyebabkan kuas Anda menjadi lebih lunak. Karena itulah, ini sangat ideal apabila dipakai menggunakan cat akrilik.

Bagaimana Cara Menerapkan Metode Pointilis dalam Menggambar?

Sesudah mempersiapkan alat dan bahan. Barulah Anda bisa memulai menggambar menggunakan teknik pointilis tersebut. Namun, mungkin masih ada beberapa yang belum mengetahui cara penerapannya. Maka dari itu, pembahasan berikut akan memberikan ulasan singkatnya.

Langkah awal yang dapat dikerjakan setelah menyiapkan alat menggambar ialah menentukan objek. Bagi pemula, disarankan untuk membuat bentuk sederhana seperti apel, dan jambu. Kemudian, Anda bisa memulai sketsa tipis pada media. Nantinya akan ditimpa dengan beberapa titik guna memperjelas gambar itu sendiri.

Kurang lebih itu tadi pemaparan mengenai definisi dari teknik pointilis. Disertai dengan penjelasan tentang sejarah singkat, alat dan bahan yang diperlukan, hingga cara penerapan metode tersebut. Semua pembahasan itu disajikan secara ringkas untuk memudahkan Anda dalam memahaminya.

Leave a Comment