Jenis Jenis VGA dan Fungsinya

Jenis Jenis VGA – VGA atau Video Graphic Accelerator merupakan salah satu komponen yang terdapat pada CPU. VGA ini berfungsi untuk pengolahan video dan juga grafis. Untuk lebih jelasnya, VGA merupakan kartu grafis komputer yang melakukan pemrosesan output dengan hasilnya berupa tampilan visual yang ada pada layar monitor.

Apabila digunakan untuk hal-hal yang standar dan ringan seperti mendengarkan lagu, mengetik, browsing dan lain sebagainnya, VGA ini tidak begitu berpengaruh pada kinerjanya. Namun jika digunakan untuk hal-hal berat seperti mendesain, mengedit foto, bermain game dan lainnya, VGA Card akan sangat berpengaruh.

Pada intinya jika tidak digunakan untuk hal-hal berat, maka besar kecilnya VGA tidak berdampak pada kinerja dari komputer itu sendiri. Begitu juga sebaliknya, VGA memiliki banyak jenis dengan merek dan juga tipe yang berbeda-beda. Jenis jenis vga tersebut terbagi menjadi beberapa tipe.

jenis jenis vga

Jenis jenis VGA Card

Tipe yang pertama dibedakan bersarakan fisik. Jenis jenis vga ini terbagi atas VGA Card on Board dan VGA Off Board atau VGA Card Add-on

VGA On-Board

VGA ini merupakan jenis yang paling standar dan umum digunakan pada komputer atau laptop. Dimana VGA on-broad ini sudah terpasang pada Mainboard dan tertanam menjadi satu dengan Motherboard. Dengan begitu, VGA jenis ini tidak dapat diganti dengan VGA jenis lainnya. Pada umumnya, komputer dengan spesifikasi rendah menggunakan VGA jenis ini.

ada beberapa kelemahan dari VGAon-board diantara sering mengalami lag atau eror saat memutar video dengan kapasitas tinggi. Begitu juga ketika bermain game atau mengedit foto, VGA ini bersifat lemah dan tidak mendukung apalagi dengan kualitas yang tinggi. Namun untuk kualitas yang standar atau rendah VGA ini masih cukup untuk mendukung.

Di sisi lain, juga ada beberapa keuntungan dengan menggunakan VGA On-Board seperti harganya yang murah, perawatan yang mudah serta masih cukup mampu untuk program-program berskala kecil atau ringan. VGA jenis ini biasanya ditemukan pada komputer dengan server yang cukup kecil dan juga laptop atau notebook dengan layar monitor yang kecil.

VGA Add-On

Berbanding terbalik dengan VGA On-Board, dimana VGA ini memiliki kualitas yang lebih baik dan tinggi. Selain itu juga tidak terpasang langsung dengan motherboard komputer, sehingga dapat diganti dengan VGA lainnya. Bahkan VGA ini dapat bekerja sendiri tanpa membutuhkan kekuatan dari RAM komputer. Sudah dipastikan jika kegiatan utama untuk desain, game ataupun edit foto VGA ini sangat tepat.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki VGA Add-On ini diantaranya terdapat sistem pendingin yang terletak secara terpisah, sehingga akan lebih awet. Kemudian, dapat diupgrade, tampilannya sangat tajam, mampu memutar video dengan resolusi tinggi dan mampu menjalankan kegiatan gaming serta grafik 3D secara maksimal.

Walaupun memiliki kualitas yang unggul, akan tetapi tetap saja ada beberapa kelemahan dari VGA ini. Diantaranya yaitu harganya yang relatif mahal. Selain itu, walaupun tidak tertanam dengan motherboard, tidak semua komputer mendukung adanya pergantian VGA.

VGA berdasarkan RAM

Selain berdasarkan fisiknya, VGA juga dapat dibedakan berdasarkan jenis memori RAMnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

VRAM

VGA RAM ini memiliki kecepatan 20-10 ns. Kualitasnya yang bagus membuat VGA ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Biasanya komputer dengan aktifitas gaming atau grafis menggunakan VGA RAM ini. Di pasaran, banyak merek dari VRAM seperti stealth 64, diamond fire GL dan lain sebagainnya.

DRAM

VGA card jenis Dynamic RAM ini memiliki kecepatan 70 sampai dengan 80 ns. Ukuran dari kartu VGA ini umumnya yaitu 32, 16 dan 8 bit. VGA jenis ini cocok digunakan untuk perangkat komputer dengan kecepatan yang tidak tinggi dan dengan grafis yang memiliki banyak warna. Harga dari DRAM lebih murah dibanding VRAM.

SGRAM

VGA dengan jenis memori SGRAM atau Synchronous Graphic RAM memiliki kecepatan yang tidak kurang dari 10 ns. Kecepatan yang tinggi tersebut membuat memori SGRAM berkemampuan untuk digunakan pada graifis yang memiliki kualitas tinggi. Bahkan memiliki kemampuan 3D accelerator seperti diamond viper, ASUS 3D explorer, Matrox MGA millenium dan masih banyak lainnya.

EDO RAM

Kecepatannya yang rendah hanya sebesar 60 sampai dengan 35 ns membuatnya hanya mampu digunakan untuk grafik berukuran 64 bit. Kemampuan tersebut juga dapat digunakan untuk speed sebesar 60 MHz. Merek VGA memori ini di pasaran seperti diamond stealth, ati mach 64 dan winfast S280/S600.

Baca Juga: Pengertian Hardisk, Jenis dan Fungsinya

Macam-macam VGA berdasarkan Sistem I/O

Selain berdasarkan dua tipe tersebut, tenyata VGA juga terbagi berdasarkan sistem I/O bus VGA. Berikut diantaranya:

VGA Card PCIe (PCI Express)

Slot PCLe pada VGA jenis ini memiliki kecepatan transfer sebesar 32 GB/s. Di pasaran, rangkaian sistem I/O ini tersebar dengan berbagai merek terkenal seperti PCLe 16x, PCLe 8x, PCLe 4x dan PCLe 1x.

VGA Card ISA

Jenis ini memang sudah tidak lagi digunakan karena kualitasnya yang sudah tertinggal jauh dengan VGA lainnya. VGA ISA atau Industry Standart Architecture terdapat dapa sistem I/O dengan besar 16 bit dan juga 8 bit. Kualitasnya yang rendah seperti kombinasi warna yang terbatas dan kecepatannya yang lambat serta gambar yang dihasilkan tidaklah bagus.

VGA Card AGP

AGP sendiri adalah kepanjangan dari Accelerated Graphic Port dengan sistem 128 bit dan 256 bit. Jenis VGA card dengan slot AGP ini memiliki voltase diantaranya seperti AGP 1X, 2X, 4X, 8X, Universal dan Pro Universal. Pada AGP 1X dan 2X memiliki daya sebesar 3.3 volt dan untuk AGP 4X dan 8X memiliki besaran daya sebesar 1.5 volt.

VGA Card EISA

Etended Industry Standart Architecture slot VGA ini memiliki sistem I/O 32 bit. Layaknya VGA Card ISA, VGA memori EISA juga sudah tidak lagi digunakan karena memiliki banyak keterbatasan.

VGA Card PCI

Jenis VGA card dengan menggunakan slot Peripheral Component Interconnect atau PCI ini juga sudah sangat jarang digunakan. Fitur yang dimiliki pun sangat terbatas dengan ciri-ciri yang menonjol yakni adanya lekukan pada bagian depan dan dengan pin yang lurus secara vertikal. Sistem VGA ini memiliki sitem I/O sebesar 32 dan 64 bit.
Demikian itulah jenis jenis vga berdasarkan tiga kategori yakni secara fisik, memori RAM dan juga arsitektur sistem I/O. Setelah mengetahui berbagai jenis VGA tersebut alangkah lebih hati-hati dalam memilih komputer. Setidaknya dapat digunakan diberbagai kegiatan tanpa kendala suatu apapun.

VGA ini penting terutama untuk hal-hal yang sifatnya penting seperti waktu presentasi yang mengharuskan memperlihatkan berbagai data ataupun video. Selain itu perlu diketahui karena masing-masing CPU memiliki slot VGA yang berbeda-beda. Oleh karenanya, akan sangat disarankan memilih VGA card yang sesuai dengan kebutuhan akan komputer atau laptop Anda.

Add Comment